Kamis, 31 Maret 2011

Kamis, 24 Maret 2011 TUGAS 6K

TUGAS 6K (6K=Kamis Ke Enam)
yeskiel apriyanto
38110627

Yang dimasukkan di Tugas Blog tidak hanya jawaban saja,

1. Ada beberapa pemikiran tentang kepemimpinan, salah satunya adalah Teori Sifat, jelasakan apa yang saudara ketahui tentang teori tersebut!
2. Apa sech gaya kepemimpinan Demokratis itu? sebutkan beberapa ciri-cirinya!
3. William J. Redden mengelompokkan gaya kepemimpinan menjadi dua, jelaskanlah.
4. Apakah Manajerial Grid itu?
5. Rensis Likert membagi 4 gaya dasar kepemimpinan organisasional, sebutkan dan jelaskan!




JAWAB:

1. Teori Sifat adalah kualitas seseorang dengan berbagai macam sifat-sifat, perangai atau ciri-ciri di dalamnya. Oleh karena itu timbul usaha para ahli untuk meneliti dan memerinci lebih jauh kualitas seorang pemimpin yang berhasil di dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinannya, kemudian hasil-hasil tersebut dirumuskan ke dalam sifat-sifat umum seorang pemimpin. Usaha tersebut melahirkan dan berkembang menjadi teori kepemimpinan yang disebut “teori sifat-sifat kepemimpinan” atau traits theory of leadership”
2. -Semua kebijaksanaan terjadi pada kelompok diskusi dan keputusan diambil dengan dorongan dan bantuan dari pimpinan.

* Kegiatan-kegiatan didiskusikan langkah-langkah umum untuk tujuan kelompok dibuat, dan bila dibutuhkan untuk petunjuk-petunjuk teknis pemimpin mengarahkan dua atau alternative prosedur yang dapat dipilih.
* Para anggota bebas bekerja dengan siapa saja yang mereka pilih dan pembagian tugas ditentukan oleh kelompok
* Pemimpin adalah obyektif atau “fact minded”.


3. -Gaya-gaya Efektif:
* Eksekutif

Manajer memberikan perhatian besar baik terhadap tugas maupun karyawan, menjadi motivator yang baik , menetapkan standar tinggi, menyadari perbedaan-perbedaan individual dan mempergunakan manajemen tim.

* Pembangun
* Otokrat penuh kebajikan
* Birokrat


-Gaya-gaya tidak efektif
· Kompromis
· Misioner
· Otokrat
· Pelarian

4. Menggambarkan dua dimensi jaringan yang saling berhubungan dimensi pertama diwakili aksis vertkal yang menggambarkan perhatian terhadap karyawan sementara dimensi kedua diwakili aksis horizontal menggambarkan perhatian terhadap produksi


5. -Otokrat Eksploratif

Manajer mengambil semua keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan dan memerintahkan serta mengekplorasi bawahan dalam pelaksanaan

Otokrat penuh kebajikan
Manajer tetap menentukan perintah-perintah kerja tapi bawahan diberi keleluasaan dalam pelaksanaan

Partisipatif
Manajer menggunakan gaya konsultatif yaitu meminta masukan dari bawahan tapi tetap menahan hak untuk membuat keputusan.

Demokratik
Manajer memberikan berbagi pengarahan pada bawahan tapi juga memberikan partisipasi total dan keputusan dibuat bersama-sama dengan keputusan suara mayoritas.

Senin, 21 Maret 2011 TUGAS 6S

TUGAS 6S (6S=Senin ke enam)
Yeskiel apriyanto
38110627
Pilih jawaban yang benar dari 10 soal PG dibawah ini, Jawaban A, B, C atau D yang benar bisa ditebalkan atau di tulis dibawah soalnya.


1. Manajer tetap menentukan perintah – perintah kerja tetapi bawahan diberi keleluasaan dalam pelaksanaan, hal tersebut menurut Rensis Likert masuk dalam gaya dasar kepemimipinan:
a. Otokrat Ekspolratif c. Partisipatif
b. Otokrat Penuh Kebajikan d. Demokratik

2. Seorang pemimpin yang sukses akan mengakui harga diri dan martabat pengikut-pengikutnya mempunyai perhatian yang tinggi dan berorientasi pada karyawan, hal ini merupakan satu dari empat syarat ciri kepemimpinan sukses menurut Keith Davis, ciri yang dimaksud adalah:
a. Kecerdasan
b. Kedewasaan social
c. Motivasi diri dan dorongan berprestasi
d. Hubungan manusiawi

3. Teori kepemimpinan yang menyatakan bahwa pemimpin itu dilahirkan bukan dibuat, seseorang dilahirkan membawa dan tidak membawa ciri-ciri atau sifat-sifat yang diperlukan bagi seorang pemimpin, teori yang dimaksud adalah:
a. Trait theories c. Teori sifat
b. Teori great-man d. Semua jawaban benar

4. Dalam teori situasional (contingency) Fred Fiedler telah mengajukan sebuah model dasar bagi efektifitasnya kepemimpinan, model tersebut menjelaskan hubungan antara gaya kepemimpinan dan situasi yang menguntungkan, situasi tersebut digambarkan dalam “tiga dimensi empiric” yang antara lain seperti dibawah ini, kecuali:
a. Struktur tugas c. Sarana struktural
b. Hubungan pimpinan anggota d. Posisi kekuasaan

5. Teori kepemimpinan yang menganalisa pengaruh atau dampak kepemimpinan terutama perilaku pimpinan terhadap motivasi bawahan , kepuasan dan pelaksanaan kerja:
a. Teori Sifat c. Teori Situasional
b. Teori Kelompok d. Teori Path-Goal

6. Gaya kepemimpinan dimana mempunyai hubungan positif dengan kepuasan dan harapan bagi bawahan yang melakukan pekerjaan mendua (ambiguous) dan mempunyai hubungan yang negative dengan kepuasan dan harapan bagi bawahan yang melakukan tugas-tugas dengan jelas. Gaya kepemimpinan yang dinaksud adalah:
a. Kepemimpinan direktif
b. Kepemimpinan suportif
c. Kepemimpinan partisipatif
d. Kepemimpinan orientasi prestasi

7. Berikut merupakan gaya-gaya kepemimpinan yang bersifat tidak efektif menurut Wiliam J. Raddin, kecuali:
a. Kompromis c. Misionaris
b. Birokratis d. Otokrat

8. Seorang pemimpin yang bersedia menjelaskan , bisa sebagai teman, mudah didekati dan menunjukkan diri sebagai seorang pemimpin sejati bagi bawahan, mempunyai pengaruh positif pada bawahan yang bekerja dibawah tekanan dan mengalami frustasi. Gaya kepemimpian yang dimkasud adalah:
a. Kepemimpinan direktif
b. Kepemimpinan suportif
c. Kepemimpinan partisipatif
d. Kepemimpinan orientasi prestasi

9. Manajer memberikan perhatian besar baik terhadap tugas maupun karyawan, menjadi motivator yang baik , menetapkan standar tinggi, menyadari perbedaan-perbedaan individual dan mempergunakan manajemen tim, gaya pimpinan tersebut menurut William J. Raddin disebut dengan:
a. Gaya Eksekutif c. Gaya Otokrat penuh kebajikan
b. Gaya Pembangun d. Gaya Misionaris

10. Manajerial Grid menggambarkan dua dimensi jaringan yang saling berhubungan dimensi pertama diwakili aksis vertkal yang menggambarkan perhatian terhadap karyawan sementara dimensi kedua diwakili aksis horizontal menggambarkan perhatian terhadap produksi, hal ini merupakan buah pemikiran dari:
a. William J. Raddin c. Robert R. Blake & Jane S. Mouton
b. Rensist Likert d. Stoner & MC. Gregor

Kamis, 17 Maret 2011 TUGAS 5K

TUGAS 5K (5K=Kamis Ke Lima)
yeskiel apriyanto
38110627


1. Sebutkan perbedaan organisasi formal dan organisasi informal menurut Argyris
2. Sebagai Proses, dapat dikatakan organisasi bersifat dinamis sebab itulah ia hidup, selalu bergerak, berkembang dan berubah-ubah. Adanya sifat dinamis dipengaruhi oleh beberapa factor yang mempengaruhi, jelaskan factor-faktor tersebut:
3.


Sebutkan macam-macam konflik berdasarkan peranan manusia:
4. Ada 5 tingkatan dalam “Hirarki Kebutuhan Maslow” sebutkan dan jelaskan 5 tingkatan yang dimaksud:
5. Apa yang saudara ketahui tentang motivasi internal? Sebutkan dan jelaskan 2 motivasi internal



Jawab:

1. Formal : -Hubungan antara atasan & bawahan ditentukan peraturan.

- Pemimpin ditetapkan.
- Pengendalian perilaku melalui pemberian balas jasa dan hukuman.
- Bawahan sangat tergantung pada atasan.
Informal: - Hubunngan antara atasan dan bawahan berdasar kebutuhan masing
Masing.
- Pemimpin dipilih berdasarkan kesepakatan.
- Pengendalian melaui pemenuhan kebutuhan.
- Kurang tergantung pada pimpinan.

2. -FAKTOR INTERN (DALAM)

♣ Tujuan
♣ Manusia-manusia
♣ Tata hubungan

-FAKTOR EKTERN (LUAR)

NON FISIK
♥ Bersifat Konstitusional-politis
Contoh: UUD, Tap MPR, KEPRES, SISTEM PEMERINTAHAN
♥ Bersifat Sosial-politis
Contoh: Partisipasi masyarakat, Parpol, Susunan hidup masyarakat,
Peranan kelompok.
♥ Bersifat Sosial-ekonomi
Contoh: Kondisi hidup penduduk, Sumber penghasilan, umlah
penduduk, Lapangan kerja.

3. ►Konflik dalam diri sendiri

►Konflik antar individu
►Konflik antar individu denngan kelompok
►Konflik antar kelompok dengan organisasi
►Konflik antar organisasi

Atau

♦ Konflik Peranan (Person Role Conflict)
♦ Konflik antar Peranan (Inter-role Conflict)
Timbul akibat satu orang menjabat dua atau lebih fungs yang bertentangan
♦ Konflik Pemenuhan harapan (Intersender Conflict)
Memenuhi harapan dari beberapa orang
♦ Konflik akibat informasi tidak sesuai (Intrasender Conflict)

4. -Fisiologi: Lapar, haus, perumahan dll

-Keamanan: Keselamatan, perlindungan dll
-Sosial: Rasa cinta, kekeluargaan, persahabatan, kasih saying
-Penghargaan: Status, kedudukan, kehormatan
-Aktualisasi diri: Pemenuhan diri, pengembangan diri, kreatifitas, ekpresi diri.

5. Motivasi internal:

1. Motivasi Fisiologi

Merupakan Motivasi alamiah contohnya: Lapar & Haus

2. Motivasi Psikologis

■ Motivasi Kasih Sayang (Affectional motivation)
(menciptakan kehangatan, keharmonisan)
■ Mempertahankan diri (Ego-defensive motivation)
(melindungi kepribadian, mendapatkan kebanggaan)
■ Memperkuat diri (Ego-bolstering motivation)
(mengembangkan kepribadian, berprestasi)

Senin, 14 Maret 2011 TUGAS 5 S

TUGAS 5S (5S=Senin ke Lima)
yeskiel apriyanto
38110627
Catatan: Jawaban di BAB V
Pilih jawaban yang benar dari 10 soal PG dibawah ini, Jawaban A, B, C atau D yang benar bisa ditebalkan atau di tulis dibawah soalnya.

1. Merupakan salah satu yang mempengaruhi dinamika organisasi jika dilihat dari faktor intern:
a. Peranan c. Tujuan
b. Fungsi d. Skema

2. Faktor ektern yang sifatnya fisik dalam dinamika organisasi:
a. Iklim dan cuaca c. Teknologi
b. Jumlah penduduk d. Undang-undang

3. Ingin menjalin hubungan dengan orang lain, merasakan persahabatan dan kasih sayang, keinginan tersebut dalam hirarki kebutuhan A. Maslow masuk dalam:
a. Kebutuhan fisiologis c. Kebutuhan keamanan
b. Kebutuhan sosial d. Kebutuhan aktualisasi diri

4. Kondisi hidup penduduk, sumber penghasilan, lapangan kerja merupakan faktor ektern dinamika organisasi:
a. Fisik [sosial-ekonomi] c. Fisik [sosial-politis]
b. Non Fisik [sosial-ekonomi] d. Non Fisik [sosial-politis]

5. Apabila konflik melanda antar berbagai tingkatan organisasi, konflik ini dinamakan:
a. Konflik hirarkis c. Konflik lini-staf
b. Konflik fungsional d. Konflik formal-informal

6. Apabila konflik ditimbulkan akibat seseorang menjabat dua atau lebih fungsi yang saling bertentangan, hal ini dinamakan:
a. Konflik dalam diri sendiri (person role conflict)
b. Konflik antar peranan (inter role conflict)
c. Konflik pemenuhan harapan (intersender role)
d. Konflik akibat informasi bertentangan (intrasender conflict)

7. Dibawah ini merupakan sumber-sumber utama konflik, kecuali:
a. Sumber daya yang tidak terbatas
b. Perbedaan tujuan
c. Perbedaan nilai dan persepsi
d. Gaya-gaya individual

8. Dalam teori motivasi, Mc.Gregor menyatakan: “Usaha fisik atau mental dalam bekerja adalah kodrat manusia, rata-rata mereka bersedia belajar dalam kondisi yang memungkinkan dengan tanggung jawab, ada kecerdikan, kreatifitas dan daya imajinasi untuk memecahkan masalah, hukuman bukan salah satu jalan untuk mencapai tujuan, organisasi harus memberikan kesempatan untuk mereka dalam berprestasi”, Teori yang dimaksud adalah:
a. Teori X c. Teori X & Y
b. Teori Y d. Semua jawaban benar

9. Dalam penyelesaian konflik dimana persetujuan semua pihak tidak dapat dicapai, dan hal ini dibiarkan saja agar masing-masing pihak memikirkan dan merenungkan kembali pendapat masing-masing, cara penyelesaian ini disebut:
a. Menggunakan kekuasaan c. Kompromi
b. Konfrontasi d. Menghaluskan situasi

10. Dibawah ini merupakan karekteristik Organisasi Formal menurut Argyris, kecuali:
a. Hubungan antara atasan dan bawahan ditentukan peraturan
b. Bawahan sangat tergantung pada atasan
c. Pemimpin dipilih berdasarkan kesepakatan
d. Pengendalian perilaku melalui pemberian balas jasa dan hukuman

Senin, 07 Maret 2011 TUGAS 4S

TUGAS 4S (4S=Senin ke Empat)
yeskiel apriyanto
38110627
Catatan: Jawaban di BAB IV
Pilih jawaban yang benar dari 10 soal PG dibawah ini, Jawaban A, B, C atau D yang benar bisa ditebalkan atau di tulis dibawah soalnya.

1. Siti Nurhaliza ingin mendirikan warteg di samping Kampus J Gunadarma Kalimalang, bentuk organisasi yang cocok adalah:
a. Organisasi Lini
b. Organisasi Komite
c. Organisasi Fungsional
d. Bisa menggunakan Organisasi a ataupun c

2. Organisasi yang terbentuk tanpa disadari sepenuhnya, mempunyai tujuan yang kurang jelas, anggaran dasar serta rumah tangga tidak dibentuk, hubungan antar anggota terjalin secara pribadi:
a. Organisasi resmi c. Organisasi formal
b. Organisasi tidak resmi d. Organisasi informal

3. Dibawah ini merupakan skema organisasi jika dilihat dari teknik dan cara pembuatanya, kecuali:
a. Gambar c. Struktur
b. Melingkar d. Tegak lurus

4. Tipe organisasi yang dicetuskan Henry Fayol, dimana organisasi menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dengan bawahan, organisasi ini lebih cocok diterapkan pada organisasi kecil, tipe organisasi yang dimaksud adalah:
a. Lini c. Fungsional
b. Lini dan Fungsional d. Lini dan Staff

5. Organisasi yang tujuan utamanya memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa memperhitungkan untung rugi dalam usahanya:
a. Organisasi Kecil
b. Organisasi Perusahaan
c. Organisasi Industri
d. Organisasi Sosial

6. Organisasi yang di bentuk dengan aturan pemerintah dan atau harus terdaftar dalam lembaran Negara, disebut dengan:
a. Organisasi Masyarakat
b. Organisasi Formal
c. Organisasi Resmi
d. Organisasi Perusahaan

7. Tidak tampak adanya perbedaan tugas-tugas pokok dan tugas-tugas yang bersifat bantuan, Terdapat spesialisasi yang maksimal, Tidak ditonjolkan perbedaan tingkatan dalam pemabagian kerja, hal tersebut merupakan cirri darai:
a. Lini dan staff
b. Lini dan fungsional
c. Staff dan fungsional
d. Lini, fungsional dan staff

8. Suatu lukisan yang dimaksudkan untuk menggambarkan susunan organisasi baik mengenai fungsi, bidang, tingkatan maupun rentang kendalinya di kenal dengan:
a. Struktur Organisasi
b. Skema Organisasi
c. Skala Organisasi
d. Sistem Organisasi

9. Organisasi berdasarkan tipe atau bentuknya, kecuali:
a. Lini dan staff
b. Lini dan fungsional
c. Staff dan fungsional
d. Lini, fungsional dan staff

10. Tipe atau bentuk organisasi yang diciptakan Frederick W. Taylor dimana organisasi disusun berdasarkan sifat dan macam pekerjaan yang harus dilakukan, masalah pembagian kerja merupakan masalah yang menjadi perhatian yang sungguh-sungguh, tipe yang dimaksud adalah:
a. Lini dan Fungsional c. Komite
b. Fungsional d. Lini dan Staff

Kamis, 10 Maret 2011 TUGAS 4K

TUGAS 4K (4K=Kamis Ke Empat)
Catatan: Jawaban ada di BAB IV
YESKIEL APRIYANTO
38110627

Jawablah pertanyaan berikut ini:
1. Apakah perbedaan organisasi formal dan informal!
2. Sebutkan macam-macam organisasi berdasarkan type atau bentuknya!
3. Apakah yang anda ketahui tentang organisasi komite? Apa saja ciri-cirinya?
4. Sebutkan dan jelaskan skema organisasi berdasarkan isi atau fungsi didalamya!
5. Apa perbedaan organisasi social dengan organisasi perusahaan, berikan contoh organisasi tersebut dilingkungan anda minimal 3!

JAWAB:

1. Organisasi Formal

Organisasi yang dibentuk secara sadar dan dengan tujuan-tujuan tertentu diatur dengan ketentuan-ketentuan formal baik dalam anggaran dasar maupun anggaran rumah tangga, kegiatan atau hubungan yang terjadi adalah hubungan jabatan sebagaimana diatur dalam ketentuan tertulis

Organisasi Informal
Terbentuk tanpa disadari sepenuhnya, tujuan tidak jelas, anggaran dasar serta anggaran rumah tangga tidak ada, hubungan terjalin secara pribadi

2. –Organisasi Lini (Line Organization)

-Organisasi Lini dan Staf (Line and Staff ORG)
-Organisasi Fungsional (Functional ORG)
-Organisasi Lini and Fungsional (Line and Functional ORG)
-Organisasi Lini , Fungsional dan Staf (Line,Functional dan Staff
ORG)
-Organisasi Komite (Commite ORG)

3. Suatu organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu lainnya dilaksakan secara kolektif.


Ciri-Cirinya:
-Adanya dewan dimana anggota bertindak secara kolektif
-Adanya hak, wewenang dan tanggung jawab sama dari masing-
masing anggota dewan.
-Asas musyawarah sangat ditonjolkan
-Organisasinya besar & Struktur tidak sederhana
-Biasannya bergerak dibidang perbankan, asuransi, niaga.

4. -Skema Organisasi Fungsional:

Menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan fungsi-funsi yang lain.
-Skema Organisasi Jabatan
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing.
-Skema Organisasi Nama
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan.
-Skema Organisasi Nama dan Jabatan
Menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi.
-Skema Organisasi Struktur
Menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut.

5. -Organisasi Sosial, Organisasi yang tujuan utamanya memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa memperhitungkan untung rugi

-Organisasi Perusahaan, Organisasi yang didirikan dengan tujuan
komersil atau mencari keuntungan

Contohnya:
Ø Posyandu
Ø Karangtaruna
Ø BANK
Ø Kantor Pos
Ø Travel (Biro Perjalanan)

Senin, 07 Maret 2011

tugas 3k

Kamis, 03 Maret 2011
TUGAS 3K
yeskiel apriyanto
38110627
1DB16

TUGAS 3K (3K=Kamis Ketiga)
Catatan: Jawaban ada di BAB III
Yang dimasukkan di Tugas Blog tidak hanya jawaban saja, tapi soal harus di lampirkan juga, Ok, Goodluck.


Jawablah pertanyaan berikut ini:

1.Jelaskan definisi tentang Organisasi:
Menurut ERNEST DALE:
Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.

Menurut CYRIL SOFFER:
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.

Menurut KAST & ROSENZWEIG:
Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.

Definisi UMUM:
“Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan”

2.Sebutkan cirri-ciri dari organisasi
§ Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
§ Dikembangkan untuk mencapai tujuan
§ Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
§ Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.

3.Sebutkan 14 Kaidah manjemen menurut Henry Fayol

ª Pembagian kerja
ª Wewenang & tanggung jawab
ª Disiplin
ª Kesatuan perintah
ª Kesatuan pengarahan
ª Mendahulukan kepentingan umum
ª Balas jasa
ª Sentralisasi
ª Rantai Skalar
ª Aturan
ª Keadilan
ª Kelanggengan personalia
ª Inisiatif
ª Semangat korps


4.Jelaskan Empat kaidah Manajemen menurut Frederick W. Taylor
a. Menggantikan metode kerja dalam praktek dengan metode atas dasar ilmu pengetahuan.
b. Mengadakan seleksi, latihan dan pengembangan karyawan
c. Pengembangan ilmu tentang kerja, seleksi, latihan dan pengembangan secara ilmiah perlu intregasikan.
d. Perlu dikembangkan semangat dan mental karyawan untuk mencapai manfaat manajemen ilmiah

5.Apa perbedaan Teori Modern dengan Teori Klasik?
a. Teori Klasik memusatkan pandangan pada analisa dan deskripsi organisasi sedangkan Teori Modern menekankan pada perpaduan & perancangan sehingga terlihat lebih menyeluruh.
b. Teori Klasik membicarakan konsep koordinasi, scalar, dan vertical sedangkan Teori Modern lebih dinamis, sangat komplek, multilevel, multidimensi dan banyak variable yang dipertimbangkan.


Diposkan oleh andre suyanto di 01:15 0 komentar

TUGAS 3S

Selasa, 01 Maret 2011
TUGAS 3S



yeskiel apriyanto
38110627
1DB16

TUGAS 3S (3S=Senin Ketiga)
Catatan: Jawaban di BAB I dan BAB III
Pilih jawaban yang benar dari 10 soal PG dibawah ini, Jawaban A, B, C atau D yang benar bisa ditebalkan atau di tulis dibawah soalnya.

1. James D. Mooney & Allen Reilly mengemukan tiga prinsip kekuasaan yang harus diterapkan dalam organisasi pemerintah, militer, agama ataupun bisnis seperti dibawah ini, kecuali:
1. Prinsip Kontroling
2. Prinsip skalar & hirarkis
3. Prinsip Koordinasi
4. Prinsip fungsional


2. Mempunyai misi menyebarkan Teori Administrasi di kawasan Eropa:
1. James D. Mooney
2. Allen Reilly
3. Lyndall Urwick
4. Max Weber


3. Birokrasi berasal dari kata Legal_Rasional, Rasional maksudnya:
1. Adanya wewenang dan seperangkat aturan yang jelas
2. Adanya pembagian tanggung jawab
3. Adanya perencanaan dan penetapan tujuan
4. Adanya pemisahan dan pelimpahan


4. Penerangan lampu ditempat kerja yang cukup memadai ternyata meningkatkan produktifitas karyawan, itulah kesimpulan akhir dari percobaan Hawthorne oleh:
1. Henry Fayol
2. Elton Mayo
3. Daniel Katz
4. Oey Ling Lee


5. Organisasi senantiasa hidup, bergerak, berkembang dan berubah-ubah hal tersebut disebabkan karena organisasi tersebut mempunyai sifat:
1. Statis
2. Dinamis
3. Aktif
4. Partisipatif


6. Yang termasuk kedalam dorongan yang sifatnya rohaniah:
1. Kendaraan
2. Penyediaan fasilitas rumah
3. Pemberian tunjangan
4. Pendidikan dan pengembangan karir


7. Interaksi Ekternal adalah:
1. Integrasi antara bagian-bagian subsistem dalam organisasi
2. Interaksi yang mengabaikan pihak bank, pemerintah dan suplier
3. Interaksi antara bagian pemasaran dan bagian produksi
4. Interaksi antara perbankan dan bagian keuangan


8. Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen :
1. Organisasi
2. Metode
3. Organisasi & Metode
4. Manajemen


9. Bukan termasuk pengertian inti yang terkandung dalam Organisasi & Metode:
1. Kunci dan Syarat kerja
2. Untuk Mencapai Efesiensi
3. Memerlukan Sumber dan Waktu
4. Dinamika dan Motivasi


10. Dibawah ini adalah istilah-istilah Organisasi & Metode, kecuali:
1. Organisasi dan efesiensi
2. Analisa dan persepsi
3. Biro Organisasi dan tata laksana
4. Penelitian dan pengembangan

TUgas 2k

Sabtu, 26 Februari 2011
TUGAS 2K
yeskiel apriyanto
38110627


1.Apa yang saudara ketahui tentang Efisiensi?
2Ada Syarat-syarat dalam pencapaian efesiensi, sebutkan dan jelaskan syarat-syarat yag di maksud!
3.Bagaimana cara-cara untuk Meningkatkan efesiensi?
4.Sebutkan Kegiatan-kegiatan yang termasuk ruang lingkup atau scope dalam O&M!
5.Menurut saudara apa yang telah di lakukan perusahaan NOKIA di Indonesia efektif atau belum dalam menghadapi persaingan dengan brand local dan brand-brand terkenal seperti Sony Ericsson Samsung, LG, Iphone, Blackberry? Jelaskan pendapat saudara!

Jawaban:
1.Efisiensi adalah Perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh (output) dengan kegiatan yang dilakukan dalam penggunaan sumber-sumber & waktu (input).
2.Syarat-syarat tercapainya efesiensi:
Berhasil guna (efektif)
Kegiatan telah dilaksanakan dengan tepat dalam arti target tercapai sesuai waktu yang ditetapkan tanpa mengabaikan kualitas
Ekonomis
Dalam usaha pencapaian efektif maka biaya, tenaga kerja, material, peralatan, waktu, ruangan dan lain-lain telah digunakan dengan tepat sesuai dengan perencanaan sehingga tidak terjadi pemborosan, penyelewengan dan korupsi
Pelaksanaan kerja dapat dipertanggungjawabkan
Untuk membuktikan bahwa dalam pelaksanaan kerja benar-benar di buat se objektif mungkin, mencerminkan fakta sesusungguhnya, dengan membuat report-report sebagai bukti pengeluaran pengeluaran yang telah dilakukan.
Pembagian kerja yang nyata
Dalam pembagian kerja harus didasarkan pada kemampuan masing-masing individu yaitu benar-benar berdasarkan beban kerja, ukuran kemampuan kerja dan waktu yang tersedia
Rasionalitas wewenang dan tanggung jawab
Antara wewenang dan tanggung jawab harus terjadi keseimbangan, jangan sampai wewenang lebih besar atau sebaliknya
Prosedur kerja yang praktis
Untuk menegaskan bahwa O&M merupakan kegiatan praktis, maka target efektif dan ekonomis, pelaksanaan kerja dapat dipertanggungjawabkan serta pelayanan kerja yang memuaskanharuslah merupakan kegiatan-kegiatan operasional yang dapat dilaksanakan dengan lancer dan tidak hanya berhenti sebagai konsep-konsep teoritis di atas kertas saja O&M menunjukan kegiatan ilmiah dan praktis yang urutan tahap demi tahap mencerminkan asal pekerjaan, kemana akan diteruskan dan kapan selesainya.
3.Cara Meningkatkan efesiensi:
Pelaksanaan fungsi manajemen dengan tepat
Pemanfaatan sumber-sumber dengan tepat pula
Pelaksanaan fungsi-fungsi organisasi sebagai alat mencapai tujuan
Pengarahan & Dinamika organisasi untuk pengembangan & kemajuan yang berkesinambungan.
4.Kegiatan-kegiatan yang termasuk ruang lingkup atau scope dalam O&M adalah:
Anailisis organisasi
Komunikasi dalam organisasi
Tata kerja, prosedur dan system kerja
Pentingnya filling
Penyimpanan data & dokumen
Formulir
Pendayagunaan mesin kantor & peralatan
Penyusunan tata ruang & perencanaannya
Penulisan laporan
Penyusunan buku pedoman kerja
Penyusunan Anggaran belanja
Analisis kepegawaian
5.Efektif.,, seharus ya perusahaan Nokia lebih memajukan lg produk2 atau mutu2 nya dr perusahaan merek lain.,, karana perusahaan hp sekarang dah bnyak menggunakan fitur2 yg lebih canggih/moderen dr sebelumnya....
Diposkan oleh andre suyanto di 01:21 0 komenta