Rabu, 13 April 2011

keunikan jakarta




Jakarta adalah ibukota negara dan merupakan satu dari 33 propinsi yang ada di Indonesia. Sebelumnya, Jakarta telah berganti nama sebanyak tiga kali. Pada tahun 1527, Fatahillah berhasil merebut Sunda Kelapa dari tangan pihak Portugis dan menamai kota tersebut sebagai Jayakarta (arti: Kemenangan). Pada masa penjajahan Belanda, nama Jayakarta diubah menjadi Batavia, dan kembali mengalami perubahan menjadi Jakarta pada masa penjajahan Jepang demi mengambil hati penduduk setempat.
Kehidupan keseharian di kota megapolitan seperti Jakarta diwarnai dengan banyak tantangan dan membutuhkan perjuangan yang cukup berat. Namun hal inilah yang menjadi daya tarik dan keunikan kota Jakarta. Sebagai pusat pemerintahan, Jakarta telah beberapa kali menjadi saksi bisu peristiwa penting dalam perjalanan sejarah bangsa ini. Pada tahun 1945, di tempat inilah proklamasi kemerdekaan negara RI didentumkan. Pada tahun 1998, Jakarta melinangkan air mata berdarah atas kerusuhan yang akhirnya membuka bab baru dalam sejarah politik di Indonesia setelah lebih dari tiga dekade.
Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan jantung bisnis di Indonesia, menawarkan banyak peluang dan kesempatan bagi mereka yang rajin berusaha dan tekun mencoba. Prospek memperbaiki nasib ini menjadi medan magnet yang kuat bagi penduduk dari seantero nusantara. Kini, Jakarta memiliki jumlah penduduk sebanyak 10 juta jiwa yang berasal dari Sabang-Merauke, suku etnis dan latar budaya berbeda. Suatu perbedaan yang mencerminkan kekayaan warna-warni kehidupan bangsa.
Penduduk, pendatang dan pelancong dipersembahkan dengan sejuta pilihan yang dapat disesuaikan dengan selera dan ukuran kocek masing-masing. Mulai dari kekayaan kuliner - Padang, Sunda, Betawi, Tionghoa hingga Internasional. Mulai dari warung pinggir jalan (warteg) hingga restoran mewah. Mulai dari kaki lima hingga toko spesialis. Mulai dari mal sederhana hingga mal mewah. Mulai dari pusat grosir hingga merek ternama. Jadi, baiknya anda tentukan dulu budget sebelum datang ke Jakarta. Karena kalau tidak, anda akan sulit menentukan pilihan.
Beberapa tahun belakangan, mal perbelanjaan banyak dibangun dan telah menjamur hampir ke setiap sudut kota. Bagi kawula muda, mal seperti Senayan City, Pacific Place, Plaza Senayan, Grand Indonesia, Kelapa Gading Mal, Mal Taman Anggrek dll menjadi tempat berbelanja dan melewati akhir pekan yang mengasyikan. Bagi ibu-ibu, pusat grosir seperti Pasar Pagi Mangga Dua, ITC Mangga Dua dan Pusat Textil Tanah Abang menyediakan solsi kebutuhan rumah tangga yang lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar