Minggu, 17 April 2011

NISSAN



- Kemarin, Honda Insight berhasil menyabet penghargaan sebagai mobil paling bersih alias rendah emisi di Inggris. Tapi di Amerika Serikat (AS), mobil listrik massal pertama di dunia Nissan Leaf dibaiat sebagai mobil paling hijau (The Top Green Vehicle) dan paling hemat dalam ongkos operasional 2011.Menurut situs otomotif Kelly Blue Book di AS, selain hemat dan paling hijau, Leaf juga menawarkan paket, kelegaan dan harga yang kompetitif. Untuk pemakaian listrik, jika dikonversi dengan asupan bensin,tercatat 99 mpg alias 1 liter per 42 km.
Di posisi runner-up, Chevrolet Volt yang menawarkan kombinasi motor listrik digandeng dengan mesin bensin dengan catatan konsumsi bahan bakar 93 mpg atau 1liter per 39,5 km. Sedangkan mobil hibrida paling laris di dunia, Toyota Prius menduduki posisi ketiga dengan perolehan rata-rata konsumsi 50 mpg atau 1 liter per 21,2 km.
Meski berhasil duduk di posisi puncak, populasi Nissan Leaf masih sangat terbatas di AS cuma dan sampai saat ini baru beredar 453 unit. Padahal, total inden sudah mencapai 20.000 unit. Nissan masih mengalami kesulitan menggenjot pasokan Leaf dari Jepang, apalagi terjadinya bencana alam, bulan lalu membuat situasi makin tak menentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar